Kenapa Harus Berbohong?

Kenapa Harus Berbohong?

 

#Blogger_Jomblo Kenapa harus berbohong? Pernah ga sih genks kita bertanya² dalam hati pada saat kita mengetahui orang yang kita percaya melakukan kebohongan kepada kita? Sakit banget rasanya dibohongin, apalagi disaat kita sudah memberikan kepercayaan kita sepenuhnya kepada mereka.

 

Kita harus mengetahui beberapa penyebab kebohongan mereka, tim #Blogger_Jomblo merangkumnya.

 

1. Mereka belum percaya 100% kepada kita.

Kecenderungan orang lain berbohong terhadap kita adalah mereka belum percaya kepada kita. Mungkin kita sering berbohong sehingga mereka sulit untuk mempercayai kita,

Lantas apa yang harus kita lakukan? Jika memang mereka itu berarti untuk kita, maka kita harus mendapatkan kepercayaan mereka. Kebohongan akan dibalas dengan kebohongan, kejujuran tidak akan berarti apapun jika kita sering berbohong. Maka biasakanlah jujur dan terbuka terhadap orang lain.

2. Mereka memiliki alternatif lain atas keputusan yang kita buat.

Keputusan penting atas suatu hal biasanya dipikirkan secara matang², tidak bisa sembarangan melangkah dan penuh dengan perhitungan. Seberapa urgensi dan pentingnya persoalan yang harus diputuskan serta seberapa serius urusan tersebut.

Seringkali keputusan penting didahului oleh perbedaan pendapat dan perdebatan. Tidak semua keputusan dapat dilakukan, ada pengecualian dimana tidak semua memiliki kesamaan urgensi dan/atau kepentingan. Kemungkinan teman/partner/orang lain kita berbohong bisa jadi mereka memiliki rencana alternatif atau mereka terpaksa membuat keputusan sendiri tanpa sepengetahuan kita dengan pertimbangan yang matang.

3. Mereka mempunyai tujuan/sasaran yang sama dengan kita.

Mempunyai tujuan yang sama adalah hak semua orang, namun bisa saja mereka berbohong kepada kita karena tujuan yang sama tersebut. Kenapa mereka berbohong karena memiliki tujuan yang sama?

Kemungkinannya adalah mereka ingin membantu kita agar tercapai target, ada kemungkinan juga mereka ingin mendahuluimu atau berkhianat sehingga yang mendapatkannya bukanlah kita, tapi mereka. Entah apa tujuan mereka berbuat demikian, namun kita harus memakluminya karena kita harus berpikir secara positif walaupun bersikap waspada itu perlu.

4. Supaya mudah melupakan masalah.

Kebohongan untuk melupakan mantan atau sesuatu/seseorang yang pernah menyakiti atau yang pergi meninggalkan kita. Kita pasti tidak ingin mengingat rasa sakit hati atau rasa kehilangan.

Move On dari jeratan kenangan masa lalu merupakan hal yang sulit untuk dilakukan, kebohongan akan terus terucap dan kita akan tetap berada ditempat yang sama (dengan masalah yang terus bertambah).

5. Tidak semua rahasia harus diceritakan.

Rahasia akan tetap menjadi rahasia jika tidak diceritakan kepada orang lain. Berbohong juga bisa untuk menutupi rahasia yang benar² harus ditutupi. Misalnya rahasia tentang rekening pribadi, alamat rumah, bahkan kata sandi.

Demi menjaga rahasia, orang akan cenderung berbohong. Namun rahasia yang disimpan lebih banyak berupa aib atau perbuatan tercela yang pernah dilakukan. Agar tidak malu dan diketahui banyak orang.

6. Sekedar memanfaatkan kita.

Orang yang munafik biasanya suka memanfaatkan orang lain untuk tujuan pribadinya, seperti mendekati kita hanya untuk mendapatkan keuntungan finansial dan tidak mau mengeluarkan biaya sepeserpun.

Azas pemanfaatan juga sering dilakukan oleh pasangan yang seringkali sudah terjerat oleh cinta. Demi cinta, orang akan rela berkorban hingga titik darah penghabisan. Cinta bisa membutakan mata serta hati, sehingga sulit untuk kita melihat apakah benar pasangan kita itu benar² mencintai kita apa adanya atau mencintai kita ADA APAnya.

7. Kita sudah tidak menarik lagi.

Ketika seseorang tidak menarik lagi, maka orang yang berada didekatnya cenderung meninggalkan dia. Bisa saja sudah tidak menarik secara fisik, atau menarik secara harta kekayaan.

Tidak menarik lagi bisa berarti kita sudah tidak misterius lagi alias sudah terlalu terbuka. Penting adanya misteri dalam pribadi kita, supaya orang/pasangan kita penasaran siapa sebenarnya kita.

8. Ada kejutan menanti.

Kejutan adalah sesuatu yang biasanya disembunyikan oleh orang² yang mengenal dan menyayangi kita. Mereka akan berbohong kepada kita demi menutupi kejutan yang akan menanti untuk kita. Supaya efek kejutnya berasa dan membuat suasana menjadi menyenangkan.

Namun adapula kejutan yang tidak menyenangkan, seperti ketika pacar kita dengan sengaja berbohong untuk memberi kita kejutan yang tidak menyenangkan misalnya tiba² dia memberi undangan pernikahan dia dengan orang lain, atau tiba² dia memutuskan hubungan dengan kita.

Dibalik kebohongan terdapat banyak hal yang dapat kita ambil, selalu ada hikmah dibalik peristiwa. tim #Blogger_Jomblo mengingatkan, jangan terlarut dalam kesedihan dan harus segera bangkit.

Komentar Kamu

Komentar Kamu

Author Description

awank

lagi ga nge-blog | founder of jogjadirectory.com @bloggerjomblo @jogjadirectory | admin of @movielover.erye | marketing/makelar everything | mig.me/u/awank | www.bloggerjomblo.com